pengolahan air kotor 6

Water Recycle Using Biological System (judul gambar)

Sistem Pengolahan Limbah dengan Lumpur Aktif :

1. Influent tank, merupakan bak penampungan awal yang limbahnya datang dari room, kitchen, laundry, dan sebagainya. Bak ini berfungsi sebagai penyaring agar kotoran yang berbentuk sampah dapat dihambat karena dapat menggangu proses kerja peralatan lain. Pada bak ini kotoran disaring oleh penyaring yang lebih halus untuk selanjutnya masuk ke bak equalizing.
2. Equalizing tank. Pada bak ini terjadi proses pemerataan awal dengan menambahkan udara pada bak. Selanjutnya dialirkan ke bak aerasi.
3. Aeration tank (bak aerasi). Bak ini berfungsi untuk melarutkan udara ke dalam air agar bakteri yang ada menjadi aktif. Bak aerasi dilengkapi dengan air seal diffuser. Air limbah yang masuk ke dalam bak ini akan diproses dengan cara menambah/melarutkan udara ke dalam air limbah melalui air seal diffuser dan juga ditambahkan lumpur aktif yang dikembalikan dari bak pengendap (sedimentation tank) selama lebih kurang 24 jam.
4. Sedimentasi Tank (bak pengendap). Bak ini berfungsi untuk mengendapkan lumpur yang datang dari bak aerasi untuk mempercepat proses pengendapan. Pada bak ini strukturnya dibuat seperti limas segi empat yang terpancang. Di sini, lumpur yang mengendap diangkat oleh airlift pump melalui udara blower, kemudian lumpur dikembalikan lagi ke bak aerasi.
5. Make up water tank (fungsi sama dengan influent tank). Sebelum ke bak ini, air dimasukkan terlebih dahulu ke sand filter and carbon filter. Bak ini berfungsi untuk menampung air yang telah didaur ulang. Air yang ditampung di bak ini telah siap untuk dipakai kembali sesuai kebutuhan penyiraman kebun, mencuci mobil, dan lain-lain.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 78,706 hits