pejelasan mengenai langit

Seperti tahun sebelumnya Februari merupakan bulan transisi musim dari penghujan menuju kemarau. Bulan Februari diprediksi berpeluang cerah di kebanyakan malam harinya. Setidaknya pada bulan ini potensi menyaksikan langit malam lebih baik daripada bulan Januari lalu.
.
Bulan Februari ini kita dapat menyaksikan beberapa event yang cukup menarik diantaranya yang cukup spektakuler adalah Konjungsi Jupiter-Venus. Kecuali itu juga ada event astronomi yang lain dari mulai dekatnya perubahan fase bulan, konjungsi, okultasi, greatest elongation, perigee dan apogee bulan, serta peristiwa-peristiwa astronomi yang lain serta tidak ketinggalan adalah data Rukyatul Hilal penentuan Awal Shafar 1429 H.
..
Kalender Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi walaupun musim hujan sudah bersama kita. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
..

Jum’at, 1 Februari 2008

Jupiter-Venus Conjunction @ 04:00 WIB

Hari ini Planet Jupiter dan Planet Venus mengalami konjungsi yaitu berada pada jarak yang sangat dekat. Kedua planet hanya terpisah pada jarak 0,6° saat pagi hari di Langit Timur. Peristiwa ini dapat diamati pada pagi hari berikutnya Sabtu, Minggu dan Senin.

.

Senin, 4 Februari 2008

Moon – Jupiter – Venus @ 04:00 WIB

Triplet antara Bulan Sabit Tua, Planet Jupiter dan Planet Venus dapat kita saksikan pagi ini di Langit Timur. Ketiganya dalam formasi segitiga yang berjarak hanya beberapa derajat saja.

..

Kamis, 7 Februari 2008

Mercury Inferior Conjunction @ 01:19 WIB (Geosentris)
Hari ini planet Merkurius berada pada posisi lurus antara Bumi dan Matahari atau disebut sebagai peristiwa “konjungsi inferior”. Peristiwa konjungsi kali ini akan mengawali kembalinya planet Merkurius menjadi planet yang akan nampak pada pagi hari.

..

Kamis, 7 Februari 2008

New Moon @ 10:46 WIB (Geosentris)
Bulan Baru kali ini merupakan akhir bulan Muharram 1429 H sekaligus mengawali bulan Shafar 1429 H. Bulan baru kali ini merupakan lunasi ke 1053. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk penanggalan lunar atau bulan seperti kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan “hilal” yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
..
Gerhana Matahari Cincin di Utah, USA (http://www.utahskies.org/)
.
Kamis, 7 Februari 2008
Annular Solar Eclipse @ 10:55 WIB (Geosentris)
Hari ini terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC). Proses gerhana maksimum hanya dapat diamati daerah Antartika Kutub Selatan. Sedangkan daerah yang dapat melihat proses Gerhana Sebagian meliputi New Zealand dan sebagian daerah Selatan Australia. Gerhana tidak dapat diamati dari Indonesia. ( Informasi & Animasi ).
..
Jum’at, 8 Februari 2008

Rukyatul Hilal – Shafar 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Shafar 1429 Hijriyah dari POS Observasi Hilal Parangkusumo. Seperti biasanya JAC-RHI akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal awal bulan ini. Pada hari pertama terjadinya ijtimak (7/2) posisi hilal di Pos Parangkusumo menurut kalkulasi program Starrynight masih terlalu rendah yaitu 2°5′ sehingga mustahil dilakukan rukyat. Sementara pada H+1 ijtimak (8/2) posisi hilal cukup tinggi yaitu 12°16′ saat matahari terbenam. Analisis dan prakiraan 1 Shafar 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI).

.

.

Senin, 11 Februari 2008

Neptune Conjunction @ 08:53 WIB (Geosentris)

Hari ini posisi Planet Neptunus tepat di belakang Matahari.

..

Kamis, 14 Februari 2008

First Quarter Moon, 10:34 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7×35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
..
Kamis, 14 Februari 2008
Moon – Pleiades @ 20:00 WIB
Malam ini Bulan berada dekat dengan gugus Pleiades atau sering disebut “Seven Sisters” pada posisi di Langit Barat. Kedua terpisah hanya pada sudut sekitar 2° sementara planet Mars berada di sebelah Timurnya.
..
Kamis, 14 Februari 2007
Moon at Perigee @ 08:09 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 370.215 km – 32’83” ). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekat. [ info ].
..
Sabtu, 16 Februari 2008
Moon – Mars @ 21:00 WIB (Geosentris)
Agak di atas kepala sedikit condong ke Utara pada lepas senja sore ini Bulan berada dekat dengan Planet Mars. Pemandangan yang cukup menarik untuk disaksikan.
..
Selasa, 19 Februari 2008
Moon – Beehive Cluster @ 19:00 WIB

Bulan menjelang purnama berada dekat dengan Cluster bintang Beehive atau sering disebut Praesepe di Rasi Cancer yang terlihat di Langit Timur.
. Beberapa bintang dan Konstelasi selama Februari
.
Kamis, 21 Februari 2008
Full Moon @ 10:30 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Snow Moon, Hunger Moon, Storm Moon sementara di India disebut Magh Pornima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
..
Kamis, 21 Februari 2008
Total Lunar Eclipse @ 10:26 WIB (Geosentris)
Hari ini terjadi Gerhana Bulan Total (GBT). Proses keseluruhan gerhana hanya dapat disaksikan di daratan Amerika, Afrika, dan Eropa. Indonesia tidak berpeluang mengamati peristiwa ini. ( Informasi )
..
Kamis, 21 Februari 2008
Moon – Saturn @ 20:00 WIB
Malam ini duet antara Bulan Purnama dan Planet Saturnus dapat disaksikan mulai lepas senja hari. Malam ini Bulan berada di atas Saturnus terpisah pada sudut sekitar 3°. Peristiwa ini dapat diamati di Langit Timur hingga menjelang pagi.
..
Minggu, 24 Februari 2008
Saturn at Opposition @ 16:29 WIB (Geosentris)
Planet bercincin Saturnus berada pada fase Purnama dan berada paling dekat dengan Bumi. Saat terbaik untuk melakukan pengamatan dan pengambilan foto planet ini bersama beberapa bulannya.
.
Kamis, 28 Februari 2008
Moon at Apogee @ 08:28 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404.441 km – 29’10” ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [ info ]
..
Jumat, 29 Februari 2008
Last Quarter Moon @ 19:18 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7×35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
.
RASI BINTANG JANUARI 2008
.
Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Februari ini diantaranya adalah Rasi Orion atau Waluku dilangit Timur lepas petang hari. Hingga kini Orion masih dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh sebagian petani kita. Kenampakan Rasi Orion memang selalu terjadi pada musim penghujan yaitu awal Oktober sampai akhir Februari. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berada pada jarak 8,6 tahun cahaya. Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti.
.
Beberapa bintang dan Konstelasi di Langit Selatan selama Februari
....
Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades yang berada di Rasi Taurus. Gugusan bintang ini sering disebut juga Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, sebagian orang Jawa menamakannya “Kemukus” karena sepintas kerumunan bintang seolah dikerumuni asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut dapat kita saksikan selama bulan ini.
..
Menjelang tengah malam di langit Tenggara akan segera muncul Rasi Crux atau sering disebut Southern Cross, Salib Selatan. Rasi ini juga terkenal dengan sebutan Bintang Pari atau Layang-layang atau Gubug Penceng. Rasi ini begitu terkenal karena bisa dijadikan sebagai pemandu arah mata angin. Bersebelahan dengannya adalah Rasi Centaurus dengan bintangnya yang cukup terang Alpha Centauri atau Rigel Kentaurus yang termasuk jenis bintang ganda.
.
.
POSISI.PLANET JANUARI 2008
.
CLASICAL PLANET
.
.
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan ini dapat disaksikan di Langit Barat setelah matahari terbenam dan posisinya semakin turun hingga pada tanggal 7 Februari 2008 planet ini mengalami berada segaris di depan matahari (konjungsi inferior). Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Capricornus. Di akhir bulan planet ini berada di Langit Timur pada pagi hari.
.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet pagi yang menampakkan diri sebelum matahari terbit. Selama awal bulan ini di langit Timur kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Karena posisinya semakin merendah dari hari kehari membuat kecerlangan planet mulai memudar. Venus pada awal bulan di Rasi Sagitarius.
.
..

Mars

Planet Mars berada di langit Timur selepas petang hari di Langit Timur berada dekat dengan Rasi Orion. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan “Lintang Joko Belek”. Mars pada awal bulan ini masih berada di Rasi Taurus sebelah atas tangan Orion.
.
..
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan pada pagi di Langit Timur sebelum matahari terbit. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah Bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.
.
..
Saturnus
Planet Saturnus dapat dilihat di Langit Timur selepas Isya. Saturnus berada di Rasi Leo dan terlihat paling terang diantara bintang yang ada di rasi ini. Cahayanya yang tidak cukup terang membuat planet mudah dibedakan dengan bintang. Magnitudenya kali ini sekitar 0,5. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. .
.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Barat, lepas senja hari.
.
.

Neptunus

Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Barat selepas senja hari.
.
.
DWARF PLANET (PLANET KERDIL)
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
.

Ceres

Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Aries, Langit Barat lepas tengah malam.
.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, LangitTimur sebelum matahari terbit.
.
.
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Barat lepas senja hari.
.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 78,706 hits