HoaX mars

Menjelang bulan Agustus seperti ini biasanya ada ‘tradisi aneh’ yang saya alami berkenaan dengan si Planet Merah .. MARS… Entah mengapa emel “Mars Sebesar Bulan Purnama” masih bertahan semenjak pertama kemunculannya pada tahun 2003 lalu…. Ya.. bulan ini genap 4 tahun ulang tahun “MARS HOAX”… yang tersebar lewat emel2 di milis2… (saat saya tulis ini sudah 2 email “MARS HOAX” masuk ke inbox saya)

Begini bunyinya … (kayaknya hanya diganti tahunnya saja sih..)
.

Buat Pak Toha udah tahu belon ya??” …. Bulan ini Planet Mars akan menjadi bintang yang paling terang mulai Agustus. Besarnya akan terlihat sebesar bulan purnama. Puncak terangnya planet ini adalah tanggal 27 Agustus 2007 ketika Mars mendekat dengan jarak sekitar 34.65 M mil dari bumi. Pastikan anda memandang ke langit pada 27 Agustus jam 00:30 pagi (Sabtu setelah tengah malam). Akan terlihat seolah bumi memiliki 2 bulan. Saat berikutnya Mars akan begitu dekat dengan bumi pada tahun 2287. Sebarkan kabar ini kepada kawan-kawan anda karena TAK ADA SEORANGPUN DARI YANG HIDUP SAAT INI akan menyaksikannya lagi …. “
.
Ada lagi versi lainnya…
.
Halllllllooooooooooooooo…..untuk penggemar ASTO CLUB & fans—
Muhammad Noor wrote:
Malam hari dengan 2 buah bulan. Jangan sampai terlewatkan kesempatan langka yang hanya terjadi dalam 2,280 tahun sekali saja!!! Seluruh dunia penantikan planet Bumi kita mempunyi buah bulan pada 27 Agustus 2007 nanti. Planet Mars akan terlihat sangat terang di langit mulai awal Agustus. Planet Mars akan terlihat sebesar bulan planet Bumi kita dengan mata telanjang saja Dan puncaknya akan terlihat seperti bulan purnama (full moon) pada tanggal 27 Agustus jam 00.30 malam senin pagi dini hari, saat jarak Mars dengan Bumi kita hanya sekitar 34.65 M miles. Jangan sampai terlewatkan untuk ‘menatap’ langit yang akan seperti memiliki 2 buah bulan, karena jarak terdekat seperti itu hanya akan terjadi lagi di tahun 2287 yang akan datang. Share this with your friends as NO ONE ALIVE TODAY will ever see it again.
So, tak ada satupun kalimat di atas yang mengandung kebenaran… semuanya hanya berita bohong.. alias HOAX.. (Bukannya 27 Agustus 2007 itu hari Senin??).
.
.
Berita tsb sebenarnya berita untuk tahun 2003 yl. pun tidak pas… (terlalu berlebihan gitu)..! Ya.. saat itu bahkan Observatorium Bosscha dan Planetarium Jakarta cukup kewalahan melayani masyarakat akibat pemberitaan tsb. Wktu itu memang Planet Mars sedang beroposisi sehingga menyebabkan wajah Mars ‘purnama’ dan secara kebetulan saat itu pula Mars berada pada jarak terdekat dg bumi selama berputar pada orbitnya sehingga Mars terlihat lebih besar daripada biasanya. Walau demikian, lebar muka Mars terlihat hanya 25 detikbusur (0,007°) bandingkan dengan bulan yang sekitar 30 menitbusur (0,5°) sehingga walau dilihat menggunakan teleskop sekalipun Mars hanya terlihat berupa bulatan kecil berwarna merah.
.

.

Periode oposisi planet Mars berlangsung selama lk. 2 tahun. Setelah Agustus 2003 dan November 2005 yl. oposisi Mars akan terjadi nanti pada Desember 2007, Januari 2010, Maret 2012 dst…. begitu menurut perhitungan astronomi. Dan walaupun masih 4 bulan lagi untuk oposisi tahun 2007 yang akan datang, Mars sudah bisa dilihat pada pagi hari menjelang Subuh di Langit Timur. Ciri khas planet ini adalah warnanya yang merah. Pada saat terjadi oposisi adalah saat paling baik untuk mengamati Mars dikarenakan seluruh muka yg menghadap ke bumi mendapatkan cahaya matahari.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 78,706 hits