Wo

(Puskompublik, Jakarta 25/07/2007) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara meminta dukungan Departemen Perhubungan untuk mempersiapkan Bandara Sam Ratulangi, Manado untuk menghadapi penyelenggaraan World Ocean Conference 2009 yang akan diselenggarakan di Manado pada tanggal 11-15 Mei 2009. Salah satu dukungan yang diharapkan adalah perluasan apron dan perbaikan fasilitas terminal Bandar Udara Sam Ratulangi. Hal tersebut dikemukakan Gubernur Sulawesi Utara S.H. Sarundajang pada saat diterima Menteri Perhubungan Jusman Safii Djamal di ruang kerjanya, Selasa 24 Juli 2007.
Dalam pertemuan tersebut Gubernur Sulawesi Utara menyampaikan rencana pengembangan Bandara Udara Internasional Sam Ratulangi berupa perluasan Apron (29.622 m2), perluasan lapangan parkir (8.500 m2) perluasan terminal penumpang (9.000 m2) dan pengadaan Garbarata. Diharapkan seluruh fasilitas tersebut dapat diselesaikan pada tahun 2008.

Dalam pertemuan tersebut Gubernur Sulawesi Utara menjelaskan bahwa World Ocean Conference 2009 adalah sebuah pertemuan Tingkat Tinggi Kepala Pemerintahan yang memiliki wilayah laut dan pantai, ilmuwan, LSM, wartawan, pihak swasta dan para pemangku kepentingan (stake holders) yang mejadi bagian dari komunitas kelautan dunia. Sasaran yang hendak dicapai dari pertemuan tersebut adalah komitmen internasional dalam pembangunan berkelanjutan yang berbasis sumber daya kelautan untuk kesejahteraan seluruh manusia yang akan dituangkan dalam “Deklarasi Manado”. Diperkirakan pertemuan tersebut akan dihadiri sekitar 8-10 kepala Negara/pemerintahan.

Selain menyampaikan permohonan untuk peningkatan infrastruktur perhubungan terkait dengan penyelenggaraan World Ocean Conference 2009, Gubernur Sulawesi Utara S.H. Sarundajang. Juga meminta agar Departemen Perhubungan dapat merealisasikan rencana pembangunan lapangan terbang di P. Miangas. Terkait dengan pembangunan lapangan terbang di P. Miangas, Dirjen Perhubungan Udara, Budhi Muliawan Suyitno menjelaskan bahwa pemerintah telah berencana membangun lapangan tersebut namun karena harga tanah yang diminta sangat mahal maka rencana tersebut masih dipertimbangkan. Terkait dengan pembebasan tanah, Gubernur Sulawesi yang juga didampingi Bupati Kepulauan Talaud, Elly Engelbert Lasut menyatakan bahwa pembebasan tanah akan dilaksanakan pemerintah daerah. Untuk itu Dirjen Perhubungan Udara menjanjikan akan mengusulkan ke DPR alokasi anggaran pembangunan lapangan terbang P. Miangas untuk dapat melayani pesawat jenis Hercules dan CN-235.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 78,706 hits